Wednesday, July 06, 2005

Sepakbola

Olahraga ini tak pernah terbayangkan akan menjadi olahraga yang amat kuminati. Padahal, sejak kecil, aku lebih tertarik pada renang. Bahkan pernah, ketika ayahku memutar saluran TV ke tayangan sepakbola, Liga Inggris era 90-an, aku langsung kabur karena ga tertarik nonton pertandingan olahraga yang dimainkan oleh 22 orang di lapangan yang saling berebut bola untuk dimasukkan ke dalam gawang lawan..

Aku suka olahraga ini ketika untuk pertama kalinya aku memainkan si kulit bundar dengan teman-teman kampusku di Sumatera Utara, akhir tahun 1996. Sejak saat itu, aku mulai menjadi "maniak" sepakbola: mulai dari nonton, bertanding, baca tabloid Bola bahkan hingga bermain game yang sangat terkenal mengenai manajemen sepakbola [Championship Manager].

Kalau dicermati, banyak hal positif yang bisa dipelajari dari permainan yang digemari oleh masyarakat di seluruh dunia ini. Kerjasama tim, mengendalikan emosi, inovasi permainan, taktik yang real-time, fokus pada strategi kemenangan hingga bagaimana mengelola tubuh yang sehat untuk tetap fit pada setiap pertandingan. Bahkan, kalau berbicara tentang manajemen sepakbola, hal-hal tersebut akan meluas lagi. Layaknya mengelola sebuah perusahaan gitu loh.

Fakta yang ada menunjukkan bahwa olahraga ini amat populer bagi masyarakat di hampir seluruh negara di dunia. Di pedesaan, orang cukup membeli sebuah bola plastik dan memainkannya di tanah kosong. Di kota, orang dapat menyewa lapangan untuk bermain dan bertanding.

Dari sisi biaya yang harus dikeluarkan, kita hanya cukup membeli si kulit bundar dan menaruh 4 batang kayu sebagai tanda gawang (bila ingin bermain apa adanya). Atau, kita bisa memperlengkapi diri dengan sepatu khusus dan bermain di lapangan non standard (bila ingin menikmati layaknya sebuah pertandingan akbar). Pokoke, banyak cara deh untuk menikmati permainan itu.

So, do you do football today?

No comments: