Friday, January 06, 2006

OFFICE POLICY

POLITIK KANTOR
Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah ini. Yah, sebagaimana kita sering mendengar istilah politik di negara ini dan tahu bagaimana peranan politik itu dalam kehidupan bernegara.....politik kantor juga memiliki peranan dalam kehidupan bekerja di kantor. Nah, hal dibawah ini aku share-kan berkaitan dengan politik kantor sebagaimana yang diceritakan oleh rekan-rekan kerjaku maupun teman di luar kantor.


Beberapa hari ini aku mendapatkan cerita-cerita dari teman-teman, baik teman kantor maupun teman non kantor. Semuanya menceritakan.......mmm......sebenarnya mengeluh lebih tepat......mengenai sikap beberapa rekan kerja maupun atasan ataupun orang yang tidak berhubungan langsung dengan mereka di kantor. Teman-temanku heran dengan sikap mereka yang dapat berlaku seperti itu. Ckckckck...."Tak terduga", kata mereka.


Teman-temanku menceritakan bahwa orang ini perilakunya seperti ini.....kalo bekerja maunya yang begitu......kalo diminta tolong tidak mau, maunya minta tolong orang dengan sikap meminta yang manis (karena ada maunya) .....suka mengejek dengan sungguh2 sehingga menyakitkan hati ...... dan banyak perilaku lainnya yang aku sendiri pun menjadi naik emosi bila mendengarnya dan sepaham dengan mereka....KOQ BISA SEH MEREKA BERBUAT BEGITU?


Memang seh....beberapa dari kita sangat bersemangat menceritakan keburukan orang lain..bahwa si dia itu begini2 loh......begitu2 loh......jangan mau kalo diminta tolong oleh mereka.....jangan mau kalau berteman dengan mereka....usahakan jangan menjadi bawahannya....jangan mau bekerja sama dengan mereka.....dan masih banyak lagi.

Tetapi, secara tidak kusadari, ternyata hal ini dapat membawa pengaruh negatif bagiku terhadap orang yang diceritakan oleh teman2ku. Maksudku, aku menjadi terpengaruh dengan perkataan mereka sehingga beberapa kali memiliki penilaian yang negatif juga terhadap orang-orang yang tidak disukai oleh teman-temanku.Ini mempengaruhi dan terekam dalam pikiranku sehingga ketika aku bertemu dengan orang2 tsb...rekaman itu muncul secara otomatis sehingga aku pun segera membuat BENTENG PIKIRAN...supaya tidak mengalami hal-hal yang menyakitkan hati.



Memang, aku juga yang salah (atau benar yah?) kenapa sampai aku memberikan telingaku terhadap hal-hal yang negatif. Aku ingin tahu terhadap kekurangan2 orang lain. Aku...Aku juga manusia lho

Aku yakin, masih ada hal-hal yang baik yang dimiliki oleh orang2 yang telah bertindak negatif terhadap teman2ku itu. Ya tidak?

Well, setelah memikirkan hal ini masak-masak maka inilah yang akan aku lakukan:
* Menampung keluh kesah teman-temanku dan tidak memberikan respon yang semakin memojokkan dan mempersalahkan.

* Dapat bersikap dengan wajar bila bertemu dengan orang2 yang diceritakan oleh teman2ku ("GOD please help me." ).

* ada yang bisa bantu aku akan langkah2 lain yang dapat dilakukan.....???



1 comment:

Anonymous said...

kowe orang misti aktiepken itoe fituur identity pasword iang pake kata2 itoe sinjo...bijar tida ada spam seperti diatas ik inih....